Pages

Powered by Blogger.

Tuesday, March 1, 2016

Buku Itu Jendela Dunia, Nak.





“Ibu, buku apa ini?” tanya anak-anak. “Kalian mau baca kah, enu?” jawabku. “Iya, Ibu. Boleh kami pinjam kah?”.
***
Enu merupakan panggilan bagi anak perempuan di Manggarai. Kami biasa memanggil mereka begitu karena panggilan itu dianggap merupakan panggilan yang paling sopan di sini. Sengaja memang saya membawa sebuah majalah anak-anak yang saya beli di kota kemudian saya tunjukkan kepada anak-anak. Spontan mereka berebut untuk membaca majalah tersebut. Terlihat raut wajah penuh antusias ketika tangan mungil mereka membuka lembar demi lembar dari majalah tersebut. Ketika satu majalah tersebut mulai menjadi rebutan di antara anak-anak, maka saya putuskan untuk me-rolling peminjaman majalah tersebut.
Di sekolah kami memang jarang ada buku bacaan untuk siswa. Jangankan untuk majalah, untuk buku pelajaran yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran pun tidak ada. Hanya ada 1 buah buku yang kurang layak pakai yang dibawa oleh guru untuk tiap mata pelajarannya. Perlengkapan di dalam kelas memang sangat kurang. Meja dan kursi anak-anak sudah banyak yang rusak. Papan tulis sudah banyak pecah/retak di sana-sini. Tidak ada satu buku pun di dalam kelas.

Mungkin itu kali pertama mereka membaca sebuah majalah anak-anak dalam hidup mereka. Hal yang sepele mungkin bagi anak-anak di kota bebsar untuk membaca sebuah majalah. Namun tidak untuk di sini. Sekolah harusnya menjadi tempat di mana anak-anak yang berada di daerah terpencil dapat membuka mata lebih lebar dan menyadari bahwa ada banyak hal yang mereka perlu untuk ketahui di luar sana.



Oleh: Dyah Agustin, S. Pd (Guru SM-3T V penempatan kab. Manggarai)

0 komentar:

Post a Comment

 

Viewer